Ads

Ads
Powered by Blogger.

Footer Teks

Tuesday, September 16, 2014

Tempat Wisata di Jambi - Candi Muaro Jambi

5:48 PM - By Informasi 0

Tempat Wisata di Jambi - Candi Muaro Jambi : Jambi adalah salah satu Provinsi yang ada di pulau Sumatera. pada data terakhir, luas wilayah provinsi jambi adalah 5.343.700 hektar dengan sembilan kabupaten dan satu kotamadya. Ibu kota Provinsi Jambi juga bernama Jambi :) .

Banyak pilihan tempat wisata di Jambi, seperti Objek Wisata Gunung Kerinci, Objek Wisata Danau Kerinci, Objek Wisata danau gunung tujuh, Taman Nasional Bukit Duabelas Jambi, dan lainnya. Insya Allah akan kita review di website TravelingMemo ini nantinya semua.

SEJARAH DAN BUDAYA MASYARAKAT JAMBI
Pada masa silam, Jambi adalah pusat bagi kerajaan Melayu Kuno. sehingga banyak ditemukan pengaruh budaya dan bahasa Melayu di Jambi hingga saat ini. Melayu di Jambi saat ini masih menjadi Mayoritas di Jambi, namun pendatang juga sudah mewarnai kependudukan di wilayah Jambi. banyak pendatang yang datang merantau ke Jambi seperti dari suku Batak, Sunda, Minangkabau, Jawa, India dan juga etnis Cina.

TEMPAT WISATA CANDI MUARO JAMBI
Sebelum melakukan perencanaan berwisata ke candi, silahkan baca artikel hukum berwisata ke candi untuk Muslim disini ya. Candi Muaro Jambi ini merupakan peninggalan kebudayaan purbakala dan menjadi situs purbakala terluas yang ada di Indonesia dengan luas 12 kilometer membentang di tepian sungai Batang Hari.

Candi ini berada di sebelah timur kota jambi dengan jarak 26 kilometer. Menurut ahli arkeolog, candi muaro jambi ini sudah dibangun sejak abad ke-11 pada masa kerajaan Sriwijaya. Candi terluas ini menunjukkan pengaruh budaya dan agama Hindu dimasanya, dengan penemuan-penemuan barang antik di lokasi candi. ditemukan juga keramik dari Cina masa Dinasti Song (Abad 11-12 M).

Dari sekian banyaknya penemuan yang ada daerah itu diperkirakan dahulu wilayah ini menjadi tempat bertemunya berbagai budaya. Ada manik-manik yang berasal dari Persia, Republik Rakyat Cina, dan India. Agama Buddha Mahayana Tantrayana diduga menjadi agama mayoritas dengan diketemukannya lempeng-lempeng bertuliskan "wajra" pada beberapa candi yang membentuk mandala.

Berikut dibawah ini adalah beberapa gambar-gambar Candi Muaro Jambi ini:





di Candi Muaro Jambi ini sudah dilakukan beberapa pemugaran oleh dinas Pariwisata setempat. juga diadakan upacara-upacara hari besar Keagamaan Budha seperti pelaksanaan Upacara Waisak yang masuk dalam agenda Nasional.

TIPS BERWISATA KE CANDI MUARO JAMBI
Objek wisata candi muarojambi ini biasanya selalu dipadati para wisatawan baik wisatwan lokal maupun wisatawan dari luar negeri pada hari-hari liburan. Jadi jika anda ingin menikmati candi tanpa penuh dengan keramaian, anda dapat mengunjunginya pada hari-hari selain hari libur.

Bagi Muslim, baca terlebih dahulu, Hukum berwisata ke Candi dan semisalnya disini ya.

AKOMODASI BERWISATA KE CANDI MUARO JAMBI
Pada catatan terakhir di tahun 2012 dari dinas kepariwisataan Jambi, tercatat Di Kota Jambi terdapat 2 hotel berbintang 4 dengan 183 kamar, 1 hotel berbintang 3 dengan 160 kamar, 1 hotel berbintang 2 dengan 92 kamar dan 4 hotel dengan klasifikasi bintang 1 dengan total jumlah kamar sebanyak 104 kamar. Sedangkan hotel dengan klasifikasi melati 3 yang berjumlah 20 hotel memiliki jumlah kamar sebanyak 516 kamar, 8 hotel melati 2 dengan 192 kamar dan 20 hotel melati 1 dengan 316 kamar.

Untuk mengecek dan melakukan perbandingan Hotel-hotel yang ada di Jambi, Silahkan gunakan alat dibawah ini:
Demikian ulasan MyTravelingMemo seputar Tempat Wisata di Jambi - Candi Muaro Jambi, smoga bermanfaat ya :)

Tags:


TravelingMemo.Com

TravelingMemo.Com Berkomitmen untuk melengkapi dan menyempurnakan website ini sebagai salah satu referensi website wisata Indonesia. Hubungi kami Disini, Atau follow Facebooknya
View all posts by admin →

Get Updates

Subscribe to our e-mail newsletter to receive updates.

Share This Post

0 comments:

×
Compare hotel prices and find the best deal - hotelscombined.com
© 2014 Traveling Memo. WP Theme-junkie converted by Bloggertheme9
Powered by Blogger.
back to top